«

»

Feb 13

Komplotan Rokok Palsu Diamankan Polres Metro Jaksel

IMG-20180212-WA0099Polres Metro Jaksel mengamankan empat orang tersangka kasus perlindungan konsumen dengan modus rokok palsu. Para tersangka yaitu BS (pengedar/penjual), MZ (pengedar / penjual), BAS (supplier) dan Gino (pembuat). Dalam kasus ini berhasil diamankan barang bukti antara lain Rekaman kamera CCTV saat tersangka menjual rokok, (dua puluh) Slop Rokok merk Dji Sam Soe yang diduga palsu, 2 (dua) buah baju seragam yang ada tulisan berbagai merk rokok, 2 (dua) karung berisi kertas papir yang sudah ada stempel sampoerna.

Kemudian 2 (dua) buah alat untuk melinting rokok, 1 (satu) buah ember plastik berisikan kurang lebih 1,5 Kg Tembakau, 1 (satu) ikat kertas papir ukuran rokok dengan stempel Dji Sam Soe dan1 (satu) kardus berisi kertas pembungkus rokok Dji Sam Soe.

Kronologis kejadian adalah pada hari Selasa, 16 Januari 2018 Jam. 12.00 Wib tersangka BS dan MZ telah menawarkan dan menjual rokok Dji Samsoe kepada korban selaku pemilik toko/korban seharga Rp 2.870.000- / Bal (20 Slop) yang merupakan harga pasar. Korban mengetahui bahwa rokok tersebut pal.su setelah ada konsumen yang mengembalikan rokok tersebut karena rasanya pahit.

Selanjutnya korban dan anaknya membuka CCTV di warung dan melihat ciri-ciri pelaku yang telah menjual rokok dimana pelaku menggunakan seragam yang berlogo merk rokok. Pada saat tersangka menjual menyampaikan bahwa minggu berikutnya akan kembali lagi dan pada Hari Kamis 25 Januari 2018 anak korban pada saat ngojek melihat kedua tersangka di sekitar jalan komando yang tidak jauh dari Pasar Mencos.

Selanjutnya anak korban langsung menjemput saksi pekerja warung S di warung ibunya untuk mengenali kedua tersangka dan temyata benar kedua tersangka tersebut menjual rokok palsu.

IMG-20180212-WA0098Selanjutnya kedua tersangka di bawa ke warung korban dan kedua tersangka mengakui bahwa rokok tersebut palsu yang didapat dari saudara BAS kakak kandung dari Tersangka BS. Pada hari Rabu, 31 Januari 2018 BAS diamankan di Polsek Metro Setiabudi keterangannya rokok tersebut palsu. Pada Tanggal 5 Februari 2018 dilakukan pengembangan wilayah Tangerang, berhasil mengamankan tersangka GINO (yang membuat/meracik rokok tersebut).

Dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku mulai Produksi dari bulan Juni 2017 dengan keuntungan satu bulan sebesar Rp 10.000.000,- ( Sepuluh juta rupiah ). Kertas Papir dan kertas pembungkus dibuat oleh tersangka GINO yang sebelumnya pernah memiliki usaha percetakan ( sudah bangkrut), alat cetak rokok dibeli dari Jawa Tengah yang ada di pasar-pasar. Rokok Palsu tersebut diedarkan di Wilayah DKI dan sekitarnya. Dengan harga jual pasaran per Slop Rp 143.500,- namun dijual oleh tersangka perslop Rp 128.000,- sehingga keuntungan tersangka 1 dan 2 masing-masing slopnya mendaptkan keuntungan sekitar Rp 15.500,-

Akibat perbuatannya para tersangka dikenakan pasal 386 KUHP Jo Pasal 62 ayat 1 UU No.8 Thn 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan Ancaman hukuman 7 (tujuh) tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>