«

»

Feb 06

Polres Metro Jaksel Tangkap Tiga Orang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Screenshot_2018-02-06-10-22-38Polres Metro Jaksel berhasil mengamankan tiga orang tersangka kasus narkoba. Pengungkapan kasus ini berawal saat Polres Metro Jaksel mendapat informasi dari masyarakat adanya penyalahgunaan narkoba. Menindaklanjuti informasi tersebut Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan pengembangan hingga ke daerah sekitar Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat. Kemudian pada hari SeIasa tanggal 30 Januari 2018 pukul 15.00 wib, dilakukannya penyelidikan ke sekitar JI. Mangga Besar Kec. Taman Sari, Jakarta Barat. Dan setelah penyelidikan tersebut sekitar pukul 17.00 wib, anggota menuju ke sebuah kost-an.

Sesampainya di kost-an tersebut, ada 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang kemudian diketahui bernama AR dan M. Kemudian terhadap 2 orang tersebut dilakukannya penggeledahan badan dan rumah, dan dalam penguasan AR ditemukan adanya barang bukti berupa narkotika berupa : 3 (tiga) bungkus plastik klip transparan yang berisikan narkotika jenis sabu dengan berat brutto keseluruhan 0,64 gram kemudian dimasukkan ke dalam plastik klip transparan, yang disimpan didalam dompet warna coklat dan diletakkan di atas lemari es (kulkas) yang berada didalam kost tersebut.

Screenshot_2018-02-06-10-22-54 Screenshot_2018-02-06-10-22-29

Diakui bahwa barang bukti tersebut adalah milik AR, yang diperoleh sebelumnya dengan cara membeli dari seorang pelayan di club malam, Jakarta Barat sebesar Rp 900.000,- (sembilan ratus ribu rupiah) sebanyak sektar 1/2 gram. Dimana barang bukti tersebut sebelumnya dipesan oleh seseorang bernama AD dan telah melakukan pembayaran dengan sistem transfer melalui M-Banking sebesar RP 800.000,- (delapan ratus ribu rupiah). Dan karena pembayarannya kurang, AR pun tidak menyerahkan barang bukti tersebut kepada AD.

Lalu AD pun menghubungi M dengan maksud untuk mengkonfirmasi perihal pesanan sabu kepada AR. Kemudian karena pembayarannya kurang, M pun menyuruh AD untuk menambahkan pembayaran sebesar Rp 600.000,- agar mendapatkan sabu sebanyak 1 gram, dan oleh AD pun mentransfer uang sebesar Rp 600.000,- kepada M, dengan maksud agar AR menyerahkan pesanan sabu miliknya.

Kemudian dilakukan pengembangan penyelidikan terhadap AD, dimana pada hari Kamis tanggal 01 Februari 2018 sekitar pukul 14.00 wib, AD mengajak ketemuan M di rumah makan Solari Kec. Tamansari, Jakarta Barat untuk menyerahkan pesanan sabu miliknya. Kemudian anggota pun langsung menuju ke tempat tersebut dan menghampiri seseorang dengan ciri-ciri yang dijelaskan dari tersangka M dan kemudian diketahui bernama AD.

Dilakukannya penggeledahan terhadap AD namun dalam penguasaannya tidak ditemukannya barang bukti, hanya 1 (satu) unit Handphone merk LG warna hitam berikut Simcard IM3 dengan nomor 0856 9774 0011 milik tersangka yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli sabu. Kemudian setelah itu tersangka berikut barang bukti yang ditemukan, dibawa ke Polres Jaksel untuk dilakukannya penyidikan.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 3 (tiga) bungkus plastik klip transparan yang berisikan narkotika jenis sabu dengan berat brutto keseluruhan 0,64 gram kemudian dimasukkan ke dalam plastik klip transparan, 1 (satu) buah dompet warna coklat, 1 (satu) unit Handphone warna hitam berikut Simcard, 1 (satu) unit Handphone warna hitam berikut simcard dan 1 (satu) unit Handphone warna silver berikut simcard.

Akibat perbuatannya para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 1 Sub Pasal 112 ayat 1 Sub Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yang ancaman pidananya paling singkat 5 (ima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000,- (sepuluh milyar rupiah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>