«

»

Aug 30

Polres Metro Jaksel Ungkap Kasus Air Minum Palsu

IMG-20170823-WA0052

Pengungkapan kasus ini berawal pada pertengahan bulan Agustus 2017 telah didapatkan informasi bahwa di Toko J di Jl. H Gandun Cilandak Jaksel mendapat komplain dari pelanggan bahwa minuman air yg dibelinya rasanya antah dan warnanya keruh, pemilik toko lalu melaporkan hal tersebut ke Polsek Cilandak.Senin 21 Agustus 2017 J selaku pemilik toko memberitahukan bahwa penjual galon akan mengirimkan produknya ke toko. Kemudian dilakukan pengintaian di sekitar lokasi dan selanjutnya diketahui sebuah mobil pick up berisi galon datang ke toko J. Kemudian dilakukan interogasi dan sopir mengaku berinisial P mengakui menjual minuman Palsu atas suruhan bosnya yg bernama S. Selanjutnya dilakukan penggrebekan di lokasi pembuatan air minum palsu di Jl. Kemiri I Pamulang Tangsel. Dari lokasi tersebut dapat diamankan para tersangka.

Modus yang dilakukan para tersangka adalah air tanah di penampungan dialirkan melalui tabung saringan yg berisi pasir kemudian melalui selang dimasukan ke dalam Galon dan hasilnya siap dipasarkan. Awalnya menjual dan menawarkan galon isi air asli ke warung2 dengan harga di bawah harga pasar dan setelah pedagang berlengganan dikemudian hari menjual dengan isi air tanah/jet pump.

Tersangka berjumlah empat orang yaitu S (28 th), DP (20 th), T (20 th) dan P (55 th). Dengan barang bukti yang diamankan antara lain Sebuah Water Torn Penampungan Air Sumur Jet Pump, Sebuah mesin air Jet Pump, Satu set Penyaring Air Sumur Jet Pimp, Sebuah Mobil Pick Up, Galon Palsu siap dipasarkan, Kardus isi tutup lebel palsu, 4 karung isi bekas tutup lebel palsu dan Galon kosong 60 buah.

Akibat perbuatannya para tersangka dikenakan pasal  62 (1) Jo Pasal 8 (1) UU RI No. 8 th 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Pelaku usaha dilarang memproduksi mengiklankan, menjual, memperdagangkan barang yang tidak sesuai komposisi-) dihukum selama lamanya 5 tahun dan denda sebanyak banyaknya Rp.2 Milyar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>