Kerja Sama Keamanan dan Ketertiban dengan Koramil 06 CPT

 

Kerja sama kepolisian dan militer khususnya Angakatan Darat sering dilakukan dalam even nasional maupun internasional. Begitu juga dalam ranah territorial kecil setingkat kecamatan kerja sama tersebut tetap dilakukan. Koordinasi dan kerja sama yang dilakukan Kapolsek Pamulang Kompol Muhammad Nasir, M.Si dengan Dan Ramil Ciputat 06 Kapten Inf Muhlisin. Kerja sama tersebut dilakukan untuk menjaga situasi daerah agar tetap aman, tertib dan kondusif agar pembangunan tetap terus berjalan.

Konflik horizontal dimasyarakat di berbagai wilayah Indonesia seperti Poso dan daerah lain secara signifikan telah dapat dinetralisir oleh pihak-pihak yang terlibat konflik baik secara signifikan yang  difasilitasi oleh pemerintah seperti polisi, militer dan pemerintah daerah baik ditingkat kecamatan, bupati maupun gubernur terlihat semakin beritikad untuk menciptakan perdamaian dimasyarakat. Dengan meningkatnya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah pasca konflik, kegiatan pembangunan dan perekonomian daerah semakin peningkatan dengan baik.

Gangguan keamanan dan ketertiban serta tindak kejahatan konvensional sebagai salah satu dampak negatif krisis multidimensi di masyarakat. Walaupun tindak kejahatan diwilayah semakin meningkat intensitasnya, seperti kejahatan kelompok pengendara bermotor, kejahatan yang dilakukan oleh organisasi social dan lain sebagainya.

Tingkat pelanggaran dan gangguan keamanan di daerah baik perbatasan dengan wilayah lain seperti Pamulang dengan Ciputat, Sawangan, Setu dan Serpong sampai saat ini intensitasnya masih reatif banyak. Maraknya kejahatan tersebut pelintas batas atau terjadinya didaerah perbatasan merupakan salah satu indikasi belum optimalnya kegiatan pembangunan dan koordinasi di daerah dengan unsur-unsur keamanan dan ketertiban daerah.

Kerja sama yang dibangun oleh Polsek Pamulang dengan Koramil 06 Ciputat adalah salah satu bentuk kerja sama untuk menganisipasi dan menjaga situasi kamtibmas agar tetap terjaga dan kondusif. Dalam koordinasi tersebut Kapolsek Pamulang Kompol Muhammad Nasir dan Dan Ramil 06 Ciputat Kapten Inf. Muhlisin sepakat untuk menjaga daerah Ciputat dan Pamulang yang menjadi yuridiksinya agar tetap aman dan kondusif dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan dengan pengelolaan sumber daya dan  komunikasi yang dibangun tetap pada tugas fungsi dan peran masing-masing dengan tetap menjaga tali silaturahmi secara baik. Dengan demikian maka akan dilakukan even-even tertentu bertemu dalam kegiatan konvensional maupun yang bersifat insidentil.

PID

This entry was posted in SAT INTELKAM and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *