Pencegahan Demam Berdarah Melalui Metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

img-20161111-wa0033Kebayoran lama – Wali kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi didampingi Camat Kebayoran Lama Sayid Ali dan Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Ardi Rahananto , setelah menebar benih ikan nila didanau terbuka langsung melihat petugas Jumantik wilayah Rw 10 Pondok Pinang yang sedang melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN ), Jumat 11 Nopember 2016. pagi

PSN pada dasarnya merupakan pemberantasan jentik atau mencegah agar nyamuk tidak berkembang tidak dapat berkembang biak. Pada dasarnya PSN ini dapat dilakukan dengan:

  • Menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali,. Ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa perkembangan telur agar berkembang menjadi nyamuk adalah 7-10 hari.
  • Menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, drum, dan tempat air lain dengan tujuan agar nyamuk tidak dapat bertelur pada tempat-tempat tersebut.
  • Mengganti air pada vas bunga dan tempat minum burung setidaknya seminggu sekali.
  • Membersihkan pekarangan dan halaman rumah dari barang-barang bekas terutama yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk, seperti sampah kaleng, botol pecah, dan ember plastik.
  • Munutup lubang-lubang pada pohon terutama pohon bambu dengan menggunakan tanah.
  • Membersihkan air yang tergenang di atap rumah serta membersihkan salurannya kembali jika salurannya tersumbat oleh sampah-sampah dari daun

Kegiatan ibu ibu petugas Jumantik dilakukan satu minggu sekali setiap jumat , tetapi warga diharapkan untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk yang berbahaya tersebut dapat melakukan sendiri , kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan , sehingga tidak ada warga yang menjadi korban kejahatan serta tidak ada warga yang terjangkit penyakit kususnya BDB tutur Bhabinkamtibmas Bripka Abu Amar yang juga ikut dalam kegiatan PSN ( humas )

This entry was posted in POLSEK KEBAYORAN LAMA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *