PUNGLI TELAH BANYAK MERESAHKAN SOPIR ANGKOT

Pasarminggu, Belakangan ini, para sopir angkot resah. Bukan akibat naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) atau sepinya penumpang lantaran jumlah sepeda motor yang kelewat batas. Tapi, disebabkan pungutan liar (Pungli) di sejumlah titik.

Pungutan liar tersebut biasanya dilakukan oleh oknum pemuda setempat atau orang bagak dengan berbagai trik yang memaksa sopir merogoh uang ribuan dalam saku mereka. Trik itu, seperti memberikan tisu yang semestinya seharga Rp 500, tapi dijual Rp 1.000- Rp 2.000. Ada juga yang menambahkan air mineral, yang bayarannya bertambah menjadi Rp 5.000.

Cara lainnya, menyemprotkan wewangian ke angkot. Para sopir cukup bayar Rp 500 – Rp 1.000 sekali semprot. Ada juga ketika hujan, membilas kaca mobil dengan air sabun agar kelihatan bersih. Aktivitas yang sering dilakukan anak-anak itu dibayar Rp 500 – Rp 1.000. Praktik pungli ini hampir merata terjadi di sejumlah jalur angkutan kota.

Oleh karena itu untuk mengurangi Pungutan Liar, Polsek Pasarminggu melaksanakan operasi Berantas Jaya dengan sasaran Pemungut Liar dan premnisme di wilayah hukum Polsek Pasarminggu. Para tersangka yang telah tertangkap di beri Arahan dan Pembinaan supaya tidak mengulanginya kembali. Dan apabila ada yang memenuhi unsur kriminal maka akan di beri tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dengan di adakannya Operasi tersebut diharapkan Pungutan Liar di wilayah pasarminggu berkurang atau tidak terjadi lagi, sehingga para sopir angkot merasa aman dan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

This entry was posted in SAT INTELKAM and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *