STNK & BPKB Diduga Palsu, Samsat Jaktim Sita Honda Jazz

Foto : Dalam mengungkap pemalsuan dokumen Kendaraan , Petugas Samsat Jakarta Timur menerapkan ketelitian dalam mengidentifikasikan surat –surat kendaraan.

Sabtu, 5 November 2011 09:45 WIB
PUSKOMINFO – Sebuah mobil Honda Jazz warna coklat muda metalik bernopol B 2639 IN disita polisi. Mobil milik Djoko Mulyanto itu disita karena diduga menggunakan dokumen kendaraan palsu.

Dokumen kendaraan palsu ini terbongkar atas kesigapan jajaran Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) Jakarta Timur di bawah kepemimpinan AKP Apip Ginanjar, SIK dalam mengidentifikasi surat-surat kendaraan.

Awal kejadiannya, diceritakan Baur Min TU Bripka Romeli, Rabu, (2/11/2011), mobil Jazz atas nama Triana Setiawati hendak dimutasi oleh sang pemilik Djoko Mulyanto pada Oktober 2011 lalu. Saat dicek fisik, No Rangka dan No Mesin standart.

Akan tetapi, ketika daftar mutasi, STNK dan BPKB diragukan karena tidak ada no seri atas nama Triana Setiawati. Selanjutnya, sang pemilik Djoko pun dipanggil Pamin TU Iptu Rahmat Suryaman SE untuk dimintai keterangan asal usul kendaraan. Ternyata, Djoko pun baru mengetahui surat kendaraannya tidak sah, dan kini bertindak sebagai saksi.

“Ini merupakan buah dari ketatnya sistem administrasi di Samsat Jakarta Timur. Saat ini, mobil sudah diserahkan kepada Kasi STNK Polda Metro Jaya sebagai kendaraan bermasalah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Bripka Romeli.

Selanjutnya, Bintara Urusan (Baur) Tata Usaha Samsat Jakarta Timur Bripka Romeli juga menghimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati saat membeli mobil sekalipun itu di show room.

“Jika ingin membeli mobil cek fisik dulu di Samsat, karena dengan melakukan pengecekan itu diketahui palsu tidaknya surat-surat kendaraan tersebut,” ungkapnya.

This entry was posted in POLSEK METRO SETIABUDI and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *