Unjuk Rasa dari Federasi Ikatan Serikat Buruh Indonesia ( FISBI-Bekasi dan Bogor ) di Kantor Pusat Jamsostek

Humas Setiabudi : Senin  03 September 2012  pukul 10.35 wib. di Kantor Pusat Jamsostek, Jl Jend. Gatot Soebroto, Setiabudi, Jakarta Selatan berlangsung unjuk rasa dari  Federasi Ikatan Serikat Buruh Indonesia ( FISBI-Bekasi dan Bogor ), jumlah masa sekitar 50 orang pimpinan Hafidz, massa datang menggunakan 20 KR R2 dan 1 KR angkot, massa melakukan orasi-orasi dan menyampaikan tuntutannya yaitu :

1.   Pemerintah wajib menjalankan putusan MK.

2.   Mendesak Pemerintah ( PT Jamsostek ) membuat peraturan pelaksana putusan MK.

Dalam aksinya masa aksi melakukan orasi-orasi dan membawa Bendera serta membagi-bagikan pers realese kepada pengguna Jalan yang lewat Jl. Jend.Gatot Soebroto, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Selanjutnya pukul  10.55 wib 16 orang perwakilan massa aksi yang dipimpin sdr.Komarudin ( Ketum FISBI ) dan Hafidz dietrima oleh Bapak Junaedi ( Direktur Kepersertaan Jamsostek ), Bpk Ahmad riadi ( Dir.Pelayanan Jamsostek ). Bpk Ngurah ( Divisi operasi Jamsostek ) dan Bpk Singgih ( Kaur Operasi Jamsostek ), dalam pertemuan tersebut sdr.Hafidz mengatakan :

–          MK telah memutuskan membolehkan Pekerja /Buruh untuk mendaftarkan dirinya sendiri menjadi peserta Jamsostek tanpa harus menunggu didaftarkan oleh pemberi kerja tempatnya bekerja.

–          Pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan Pekerjanya sebagai peserta kepada Penyelenggara Jamsostek, sesuai dengan program jaminan sosial atas tanggungan pemeberi kerja apabila pemberi kerja telah nyata-nyata tidak mendaftarkan pekerjanya pada badan penyelenggara jaminan sosial.

–          FISBI akan tetap menjalankan posko ditiap-tiap Daerah untuk mengefektifkan pengawasan.

Tanggapan dari Bpk Junaedi Direktur Kepesertaan Jamsostek :

–          Pihak Jamsostek akan mendirikan posko pengaduan di salah satu Daerah/Kadipaten/Kota sebagai uji coba atas putusan MK tersebut.

–          Eksistensi Posko dan teknis dari eksekusi dari pelanggaran-pelanggaran yang akan dilakukan oleh para Pengusaha

–          Pihak PT Jamsostek dan FISBI akan membuat surat kesepakatan bersama yang berisi : siap mendukung dan menindaklanjuti keputusan nomer 70 PUU-IX/2011

Selanjutnya pukul  12.15 wib aksi unjuk rasa selesai dan massa aksi meninggalkan Jamsostek, dan selanjutnya  10 orang perwakilan menuju ke Mahkamah Konstitusi ( MK ) situasi aman dan terkendali.

Dilakukan pengamanan dari Brimob PMJ, Polres Metro Jakarta Selatan dan Polsek Metro Setiabudi, sebagai Ka Pam Obyek Kapolsek Metro Setiabudi AKBP Lalu M Iwan Mahardan SiK.

This entry was posted in POLSEK METRO SETIABUDI and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *